Mengapa hidup ini terasa begitu berat?

8 11 2008

belajar dari air yang mendidih.

Seorang anak mengeluh pada ayahnya mengenai kehidupannya dan menanyakan mengapa hidup ini terasa begitu berat baginya. Ia tidak tahu bagaimana menghadapinya dan hampir menyerah. Ia sudah lelah untuk berjuang. Sepertinya setiap kali satu masalah selesai, timbul masalah baru.

Ayahnya, seorang koki, membawanya ke dapur. Ia mengisi 3 panci dengan air dan menaruhnya di atas api. Setelah air di panci-panci tersebut mendidih. Ia menaruh wortel di dalam panci pertama, telur di panci kedua dan ia menaruh kopi bubuk di panci terakhir. Ia membiarkannya mendidih tanpa berkata-kata. Si anak membungkam dan menunggu dengan tidak sabar, memikirkan apa yang sedang dikerjakan sang ayah. Setelah 20 menit, sang ayah mematikan api. Ia menyisihkan wortel dan menaruhnya di mangkuk, mengangkat telur dan meletakkannya di mangkuk yang lain, dan menuangkan kopi di mangkuk lainnya.

Lalu ia bertanya kepada anaknya, “Apa yang kau lihat, nak?” “Wortel, telur, dan kopi” jawab si anak. Ayahnya mengajaknya mendekat dan memintanya merasakan wortel itu. Ia melakukannya dan merasakan bahwa wortel itu terasa lunak. Ayahnya lalu memintanya mengambil telur dan memecahkannya. Setelah membuang kulitnya, ia mendapati sebuah telur rebus yang mengeras. Terakhir, ayahnya memintanya untuk mencicipi kopi. Ia tersenyum ketika mencicipi kopi dengan aromanya yang khas.
Setelah itu, si anak bertanya, “Apa arti semua ini, Ayah?” Ayahnya menerangkan bahwa ketiganya telah menghadapi kesulitan yang sama, perebusan, tetapi masing-masing menunjukkan reaksi yang berbeda.

Wortel sebelum direbus kuat, keras dan sukar dipatahkan. Tetapi setelah direbus, wortel menjadi lembut dan lunak.

Telur sebelumnya mudah pecah. Cangkang tipisnya melindungi isinya yang berupa cairan. Tetapi setelah direbus, isinya menjadi keras.

Bubuk kopi mengalami perubahan yang unik. Setelah berada di dalam rebusan air, bubuk kopi merubah air tersebut. “Kamu termasuk yang mana?,” tanya ayahnya. “Ketika kesulitan mendatangimu, bagaimana kau menghadapinya? Apakah kamu wortel, telur atau kopi?”

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu adalah wortel yang kelihatannya keras, tapi dengan adanya penderitaan dan kesulitan, kamu menyerah, menjadi lunak dan kehilangan kekuatanmu.

Apakah kamu adalah telur, yang awalnya memiliki hati lembut? Dengan jiwa yang dinamis, namun setelah adanya kematian, patah hati, perceraian atau pemecatan menjadi keras dan kaku. Dari luar kelihatan sama, tetapi apakah kamu menjadi pahit dan keras dengan jiwa dan hati yang kaku?

Ataukah kamu adalah bubuk kopi? Bubuk kopi merubah air panas, sesuatu yang menimbulkan kesakitan, untuk mencapai rasanya yang maksimal pada suhu 100 derajat Celcius. Ketika air mencapai suhu terpanas, kopi terasa semakin nikmat. Jika kamu seperti bubuk kopi, ketika keadaan menjadi semakin buruk, kamu akan menjadi semakin baik dan membuat keadaan di sekitarmu juga membaik.


Aksi

Information

12 responses

10 11 2008
departa

bagus nie ceritanya.Hidup emang Sulit dan lebih sulit kalau hanya dipikikan.
Sinin : makanya kita perlu saling ingatin satu sama lain agar tidak terlalu larut dalam ratapan. bukankah masih banyak yang patut kita syukuri dalam hidup ini ! 🙂

11 11 2008
bangkumis

pilihannya cuma 3 ya…wortel, telur ma bubuk kopi…..gak ada pilihan kumis..? kalo ada, pasti semua pilih pingin kayak kumis Bang Kumis…. lembut dan romantis…….wakakak

Sinin 🙂 : ada pilihan lain kok, GODAM mau?

12 11 2008
Kawaii Ayu

Hidup ini berat karena kita sendiri merasa berat menjalaninya.

Sinin 🙂 : setuju.., Hidup ini terasa berat karena kita juga kurang meng-syukurinya.. Ya Tho..

13 11 2008
gexlan

jalani hidup ini dengan enjoy ja, jadi hidup ni akan terasa lebih indah dan tidak berat
semangat donk , pak dosen ku ….

hehe..hehe

Sinin 🙂 : Setubu… (Eh salah 😦 ) Setuju…, kaya’ di sponsor ya, Enjoi aja lagi…

13 11 2008
tegtitan

Gimana ya… Posisi ku sepertinya seperti telur sekaligus juga kopi. Kadang diriku menjadi keras dan kaku tak tersentuh tapi ketika kesadaran mulai pulih maka berubah menjadi kopi… Coba ada kopi susu pasti nikmat tuh.

Sinin 🙂 : tidak mengapa, asal semua pada porsinya. dibalik kesulitan pasti ada jalan dan hikmah. terkadang itu yang sering tidak kita sadari dan itu yang lebih penting karena semua itu ada arti kalau kita mampu menyingkapinya dengan bijak.

22 11 2008
dendin

kalau saya akan memakan wortel dan telurnya dan menambahkan sedikit gula ke kopi maka hari akan terasa indah…… 🙂

Sinin :Sambil mengambil hikmah dan pelajarannya, boleh juga sambil nikmatin wartel, telur dan kopinya.. pasti akan terasa lebih nikmat dan mendalam…

25 11 2008
dew@_@jus

Gimana ya.. kalau saya pinginnya sih jadi airnya yang mengalir mempunyai tujuan yaitu samudra, apapun yang menghalanginya air masih bisa mengalir tanpa harus menghancurkan penghalang tersebut.. ari berguna dan warnanya yang tranparan dan bisa menyesuaikan warna dengan tempatny menandakan air itu tahu memposisikan diri, walau selalu mengalir tapi air juga bisa menghancurkan karang yang begitu besarnya.. ya saya lebih memilih jadi air …

Sinin : wah.. mas dew@ bintangnya aquarius ya…
bintang aquarius biasanya orangnya dewasa, kharismatik, cerdas walau agak keras.. bijaksana dan pandai menyesuaikan.. iyakan…
(ya.. saya bagus2in aja, karena saya juga bintang aquarius.. he..he..he.. 😀 )

11 03 2009
achmad

semut pun bs mengangkat beban yg jauh lbh brt dr badannya, dia tdk prnh protes apalagi mengeluh akan kondisi fisiknya yg kecil..
hidup ini akan terasa berat, apabila menjalaninya penuh dgn keluh kesal, tdk prnh mensyukuri apa yg tlh di beri-Nya.
hdp seberat apapun klo dijalaninya dgn rasa penuh syukur & ikhlas, smuanya akan terasa indah.

24 04 2009
Cristina ik3

hdup berat krn qt yg berpikir susah…
indah kl qt berpikir hdup adalah perjuangan n bhgia
krn pkran yg menetukan prasaan dan hdup qt…
helow pak…
pa kbrny?

29 04 2009
merlyn ks_1

Halo My Papi Yng Paling oke!!!! akhirnya merlyn bisa jg komeent n kenal lebih deket sama papikuw ini hehehehehe…….,,,,,,,,,,, ya udah ya pi sinin entar mer lanjut lagi yang penting mer dah koment. lagi satu blog papi sinin t o p b g t!!!! pay-pay.

12 12 2009
panoes

bagus banget artikelnya, thx!

10 10 2012
Ferby Arisaka

Bagus bgt ini filosofinya

Tinggalkan komentar